Ciri – ciri Karakteristik Wirausaha yang Menjadi Faktor Keberhasilan dan Kegagalan

Karakteristik Wirausaha –  Pada artikel kali ini kita akan coba membahas tentang macam macam sifat dan karakteristik wirausaha dan beberapa factor keberhasilan dan kegagalan dalam ber wirausaha.

Ada beberapa wirausahawan atau entrepreneur luar yang sudah sangat ahli dengan konsep kewirausahawannya diantaranya adalah William bygrave dan satu lagi karakteristik wirausaha menurut zimmer.

Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang karakteristik yang ada pada seorang wirausaha-wan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

Bygrave, William bygrave adalah seorang salah satu entrepreneur ternama yang telah banyak menginspirasi orang yang mempunyai keinginan untuk berwirausaha.

Banyak orang orang yang menjadikan kata- kata daribeliau untuk dijadiakan patokan dalam menanamkan karakteristik seorang wirausaha dalam dirinya.

Dan berikut ini beberapa karakteristik wirausaha yang beliau telah teliti dan susun yang ada pada diri para pelaku wirausaha, konsep beliau terkenal dengan 10 D nya.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Dream

Dream dalam artian bahasa Indonesia ialah mimpi/impian. Seorang wirausaha haruslah memiliki impian, impian dalam mewujudkan usaha atau bisnis yang sukses dan berkembang di masa depan.

Dengan impian yang ada dalam fikirannya dia dapat merancang bagaimana langkah langkah dalam mewujudkan setiap impian yang dia inginkan dalam melakukan bisnis.

Contoh karakter wirausaha yang memiliki impian

Pak hilman adalah seorang yang baru dalam usaha bidang konveksi. Beliau tinggal dikota tasikmalaya yang terkenal dengan kainbordirnya. Lalu, mulailah pak hilman ini dengan mengerjakan usaha bisnis konveksi dengan membeli satu perangkat alat bordir pakaian.

Pak hilman memiliki impian untuk dapat memasarkannya bisnis konveksinya dengan berbagai macam cara,agar mesin konveksi yang ia produksi bukan hanya satu unit saja.

Beliau memasarkan barang hasil konveksi tersebut dengan berbagai cara yang ia tempuh, dengan cara membuka butik sendiri dan memasarkannya melalui online agar usaha konveksinya berkembang tidak hanya didaerahnya saja, melainkan dapat dipasarkan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia.

Hal demikian adalah ciri bahwa pak hilman mempunyai harapan dimasa depan akan usaha yang sedang digelutinya akan berjalan pesat dan mampu melebihi omset yang telah ditargetkanya.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Decisiveness

Decisiveness mempunyai arti Ketegasan. Seorangwirausahawan sukses pasti didapati dalam dirinya mempunyai sifat tegas.

Tegas dalam menentukan sesuatu hal untuk perkembangan bisnisnya, karena tidak jarangseorang yang terjun kedalam bidang usaha akan menemui beragam pilihan yangsulit ketika menjalaninya.

Contoh karakteristik wirausaha yang mempunyai ketegasan

Dengan berbekal satu unit mesin bordirnya usaha pak hilman kian berkembang pesat. Dengan semakin berkembang pesatnya usaha pak hilman, tentulah akan menemukan kendala atau pilihann dalam usahanya yang memerlukan ketegasan dalam menentukan masa depan usahanya.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Doers

Doers dalam artian bahasa Indonesia ialah sigap. Sigap dalam hal melihat peluang bisnis dan dalam menindak lanjuti setiap keputusan yang telah ia putuskan secara cepat tanpa menunda nunda akan kesempatan yang bagus untuk bisnis yang sedang dijalaninya.

Contoh karakteristik wirausaha yang sigap

Pak hilman telah memiliki bisnis usaha bordir selama  kurang lebih lima tahun lamanya. Selama itu pak hilman hanya mengandalkan bordiran mukena sebagai produk yangdipasarkannya.

Dengan pengalaman dalam usaha bordir mukenanya, pak hilman melihat ada sebuah peluang untuknya dapat mengembangkan bisnis yang sedang digelutinya.

Peluang yang ia dapati ialah membuat produk bordir lain selain mukena. Peluang tersebut didapati setelah ia melihat betapa viralnyafilm wakanda yang mana pemeran utamanya terlihat memakai pakaian koko denganada motif bordir di dadanya.

Hal itu merupakan salah satu kesigapan yang pak hilman miliki ketika melihat peluang berupa pembuatan koko bordir seperti dalam film wakanda yang tentunya dengan pangsa pasar yang sudah nyata yaitu para penikmat film wakanda.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Determination

Determination artinya adalah kegigihan. Karakteristik seorang wirausaha haruslah mempunyai kegigihan dalam dirinya, kegigihan untuk terus berusaha dalam memajukan usaha atau bisnis yang sedang dikerjakan.

Dengan kegigihan tersebut seorang wirausaha akan tetapbertanggung jawab kepada bidang usahanya, sampai apa yang menjadi goal dalamusahanya dapat diraih.

Tanpa kegigihan seorang wirausaha tak akan sampai kepada apa yang menjadi tujuan dalam usahanya. Karena yang namanya usaha, dalamperjalanannya akan menemukan beragam rintangan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Dedication

Dedication atau dalam bahasa indonesianya berate dedikasi merupakan salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha.

Dedikasi dapat diartikan ia focus dan totalitas dalam bidang usaha yangdijalaninya.

Tidak jarang, dalam hal ini terdapat beberapa hal yangada pada kehidupan seorang pengusah ia kesampingkan, seperti berkumpul dengan keluarga,waktu kerja yang tidak tentu karena sangat focus terhadap tujuannya yaitu menjadikan usahanya sukses seperti apa yang ia harapkan pada awal terjun menjadi seorang wirausahawan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Devotion

Devotion memliki makna yaitu kecintaan terhadap bidang usaha yang sedang ia jalani. Dengan rasa cinta yang seorang wirausahawan milikiia akan mampu mengetahui hal hal mendasar tentang bisnis yang sedang ia jalani.

Hal ini sangatlah penting agar dapat mendorong keberhasilannya dalam hal penguasaan materi tentang bidang usaha dan produk yang dihasilkan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Details

Detail dapat diartikan adanya ketilitian terhadap suatu hal kecil yang mendasar untuk diperhitungkan sebagai factor kesuksesan dalam melakukan kegiatan usaha.

kesuksesan dan kegagalan sebagai seorangh wirausaha dapat dilihat dari ketelitian dalam merinci hal hal kecil yang banyak orang tidak pertimbangkan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Destiny

Destiny atau tujuan menjadi poin penting bagi seorang wirausahawan. Karena tanpa adanya tujuan yang jelas, pelaku kegiatan usaha akansulit untuk memajukan bidang usahanya.

Sebagai seroang yang bebas dia dapat menentukan usaha seperti apa yang akan ia lakukan demi mendapat kan hasil yang ia kehendaki,dengan tujuan yang jelas, ia akan tetap bertanggung jawab menentukan nasib dalam kegiatan usahanya.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Dollars

Dollar bisa diartikan sebagai uang. Bagi seorangpebisnis dollar atau uang menjadi tolak ukur sebuah pencapaian sukses tidak nyausaha yang sedang dilakukan.

Tapi, adanya keuntungan berupa uang yang ia dapatisebagai seorang wirausaha bukanlah hal satu satunya yang ia ingin capai.

Terdapat hal lain yang biasanya ingin seorang wirusahawan raih seperti bertambahnya relasi bisnis yang akan semakin memperluas usaha dan memberikan ide usaha lain untuk menginvestasikan uang yang telah ia raih dari kesuksesan bisnis yang ia lakukan.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave : Distribute

Distribusi ialah sebuah kata lain dari pengembangan bisnis. Dengan kesuksesan yang telah ia peroleh dalam karir berbisnisnya menjadikan ia ingin selalu mengembangkan produk bisnisnya.

Berbagai contoh pengembangan bisnis diantaranya adalahdengan membuka kelas atau pelatihan husus terhadap orang orang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dengan karakteristik wirausaha yangjuga sama seperti apa yang ia lakukan.

Itulah tadi beberapa poin karakteristik wirausahamenurut pendapat William d Bygrave.

Dari pendapatnya tersebut kita dapat menyimpulkan beberapa hal penting yang menjadi factor utama keberhasilan seorang wirausahadan kegagalan seorang wirausaha.

Berikut ini akan coba kami simpulkan beberapa factor lain yang menjadikan seorang yang bergelut dalam bidang wirausaha mengalaminkeberhasilan atau kegagalan dalam usahanya.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

1 . Dapat dengan jeli melihat peluang

2. Sumber daya manusia yang mumpuni

3. Pengaturan keuangan yang baik

4. Kemampuan untuk mengorganisasikan sumber daya manusia

5. Mempunyai perencanaan yang jelas terhadap bisnis yang ia jalankan

6. Baiknya pengelolaan semua hal yang berkaitan dengan usahanya

7. Mempunyai visi, misi dalam memasarkan dan menjual produk bisnisnya

8. Administrasi yang tersusun sistematis

9. Mengetahui secara pasti setiap peraturan yang ada didaerah tempat bisnis tersebut dijalankan.

Faktor Kegagalan Wirausaha

1 . Tidak mempunyai keahlian dalam hal menejerial.

2. Kurangnya pengalaman dalam kemampuan menjalan kanbisnis

3. Tidak dapat mengatur keuangan.

4. Perencanaan bisnis yang tidak jelas langkahnya

5. Lokasi yang tidak begitu menguntungkan atau kurang strategis

6. Tidak adanya S.O.P dalam pekerjaan

7. Tidak adanya kegigihan dalam melakukan usaha bisnis

8. Tidak mampu mengikuti perkembangan zaman

9. Kurang berinovasi

Itulah tadi beberapa factor keberhasilan dan kegagalanseorang wirausaha dalam menjalankan usahanya.

Yang terpenting dari berbagai macam karakteristik yang wajib ada pada seorang wirusaha adalah adanya doa kepada sang maha kuasa, dengan melibatkan Allah pada usahanya.

Ia akan senantiasa bersyukur atas apa saja yang ia dapati, dan apabila menemukan kegagalan tentu dihadapinya dengan senantiasa berbaik sangka terhadap sang pemberi rizki.

Terima kasih, semoga artikel karakteristik wirausaha, dan factor keberhasilan, kegagalan wirusaha ini dapat membantu para pembaca semua.

Jangan lupa komen, dan bagikan artikel ini bila dirasa telah membantu para pembaca semua dalam mencari materi tentang sifat dan karakteristik wirausaha.

Leave a Comment