Struktur Bunga Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

STRUKTUR BUNGA – Artikel ini berisi pembahasan lengap tentang struktur bunga beserta fungsi dan beberapa contoh struktur bunga dari berbagai jenis bunga. Seperti bunga mawar, bunga kembang sepatu,bunga tulip dan beragam bunga lainnya.

Sama halnya dengan berbagai makhluk hidup lainnya, pada tumbuhan yang ber-bunga terdapat bagian atau struktur yang mempunyai fungsi dalam setiap bagiannya.

Struktur yang ada pada bagian bunga ini tidak sama, tergantung dari jenis bunganya. Tapi disetiap tanaman yang berbunga, akan didapati organ reproduksi berupa benangsari dan putik untuk melakukan proses penyerbukan dan pebuahan.

Fungsi Bunga pada Tumbuhan

fungsi struktur bunga

Bunga berfungsi sebagai alat reproduksi atau alat perkembang biakan generative pada tumbuhan. Perkembangan biakan generative merupakan sebuah proses berkembang biak dengan diawali adanya proses pembuahan.

Pada tanaman yang berbunga terjadinya proses pembuahan diawali dengan penyerbukan. Pada penyerbukan inilah terjadi jatuhnya serbuk sari ke kepala putik

Proses ini terjadi dengan adanya bantuan dari serangga dengan hasil pembuahannya berupa terbentuknya bakal biji yang kemudian tumbuh menjadi biji. Biji itulah yang kemudian ditanam, tumbuh menjadi tanaman  yang kemudian tanaman tersebut berbunga lagi.

Pengertian Fugsi Struktur Bunga

fungsi struktur bunga pada tumbuhan

Beberapa bagian atau struktur yang ada pada bunga berbeda beda dan mempunyai peranan masing- masing pada tumbuhan.  Struktur pada bunga dapat dibedakan berdasarkan kelengkapan dari alat kelamin atau mahkota bunga.  Ada bunga lengkap dan ada bunga yang tak lengkap.

Pembagian Bunga

Pada bunga terdapat beberapa bagian, hal itu dapat dibedakan kedalam dua jenis. jenis bunga pertama adalah jenis bunga yang mempunyai struktur bunga yang lengkap dan jenis bunga kedua adalah jenis bunga yang tak lenngkap hal itu dibedakan berdasarkan kelengkapan dari bagian yang ada pada jenis bunga tersebut.

Berikut ini beberapa contoh bunga berdasarkan pembagian  kelengkapannya.

1. Struktur Bunga Lengkap

contoh bunga lengkap

 

Terdapat beberapa bunga yang termasuk kedalam jenis bunga lengkap. Diantara adalah bunga sepatu darn bunga lili. Berikut struktur atau bagian dari bunga tersebut

 Tangkai Bunga

Pada struktur bunga lengkap akan didapati tangkai bunga yang mana bagian tersebut berada dibawah bunga. Tangkai bunga pada struktur bunga lengkap berfungsi sebagai bagian penopang yang menghubungkan tangkai bunga pada ranting.

Dasar Bunga

Dasar bunga merupakan bagian bawah pada bunga, berada diatas tangkai bunga dengan fungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

Kelopak Bunga

Struktur bunga terluar yaitu kelopak bunga, yang fungsinya sebagai selimut untuk menyelimuti mahkota bunga pada saat masih mengkuncup. Dengan adanya kelopak bunga, mahkota bunga dapat terlindungi dan akan terbuka ketika mahkota sudah mulai mekar. Kelopak bunga ini biasanya memiliki warnna dan berbentuk seperti daun.

Mahkota Bunga.

Dinamai mahkota bunga dikarenakan bagian bunga ini merupakan bagian yang sangat menarik perhatian dengan bentuk yang indah dan berwarna warni. Keindahan dari mahkota bunga inilah yang menjadi daya tarik serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan pada sebuah tanaman.

Benang sari.

Letak benang sari berada di tengah tengah mahkota bunga. Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang berfungsi sebagai bagian dari terjadinya proses berkembang biaknya bunga. Pada bagian benangsari terdapat beberapa bagian lainnya berupa tangkai sari, kepala sari dan serbuk sari

Putik

Kalau benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga, lain halnya dengan putik. Putik merupakan pasangan dari benang sari yang berfungsi sebagai alat kelamin betina.

Terdapat beberapa bagian putik, ada kepala putik yang berada di ujung putik, tangkai putik yang merupakan bagian terpanjang pada putik, bakal buah yang terdapat dibagian terbawah putik, dan bakal biji  yang mempunyai dua inti yaitu sel telur dan calon lembaga yang letaknya berada di bagian dalam buah.

2. Struktur Bunga tidak lengkap

contoh bunga tak lengkap

Disebut bunga tidak lengkap dikarenakan hanya memiliki beberabapa bagian bunga baik alat kelamin bunga ataupun mahkota bunga.Dan berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya bunga tak lengkap dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna

Bunga sempurna

Sebagian contoh bunga sempurna akan ditemukan pada struktur bunga mawar dan struktur bunga matahari.

Bunga, termasuk bunga sempurna dikarenakan mempunyai dua macam alat kelamin yaitu benangsari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betinanya.

Bunga tak sempurna.

Disebut bunga yang tak sempurna dikarenakan hanya mempunyai satu macam alat reproduksi atau kelamin saja. Bisa hanya memiilki benang sari saja, atau hanya memiliki putiknya saja. Beberapa contoh bunga tak sempurna ialah bunga pada pohon papaya dan bunga pada pohon salak.

Perkembangan bunga menjadi buah dan biji

tumbuhan menjadi buah

Proses terbentuknya sebuah tanaman terjadi karena adanya kawin antara benang sari dan putik. Dalam proses tersebut biasanya dilakukan oleh serangga yang tertarik dengan bagian pada bunga tersebut yang biasa disebut dengan proses penyerbukan.

Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk  sari pada kepala putik. Penyerbukan dilanjutkan dengan peristiwa pembuahan (festilisasi), yaitu meleburnya inti seltelur dengan inti sperma. Hasil peleburan tersebut zigot. Zigot akan berkembang menjadi lembaga (embrio), dan akhirnya akan berkembang menjadi tumbuhan baru.

Setelah  pembuahan, bakal buah akan berkembang menjadi buah dan bakal biji menjadi biji. Kelopak mahkota, dan benang sari kemudian mati dan gugur.

Struktur Bunga Mawar

struktur fungsi bunga mawar

Bunga mawar merupakan salahsatu bunga yang banyak sekali jenisnya. Diseluruh dunia, terdapat 100-150 spesies mawar yang telah dibudidayakan spesiesnya dengan cara rekayasa genetika dan perkawinan silang.

Meskipun begitu dari beragam jenis bunga mawar tersebut, struktur bunga yang ada pada bunga mawar tetaplah sama yaitu terdiri dari mahkota bunga, putik, benangsari, tangkai sari dan kelopak. fungsi dari struktur atau bagian pada Bunga mawar pada umumnya juga sama.

Struktur Bunga Sepatu

Bunga sepatu termasuk kedalam jenis bunga sempurna , dimana bunga ini memiliki kelengkapan dalam hal kelaminnya. Ada putik sebagai alat kelamin betinanya dan ada benangsari sebagai alat kelamin jantannya dalam satu bunga, oleh karena hal demikian bunga sepatu mempunyai nama lain yaitu hermafrodit.

Untuk menghasilkan individu yang  baru bunga sepatu melakukan proses penyerbukan dan pembuahan. Bunga sepatau merupakan bunga yang sangat menarik, aroma bunganya harum, mengandung madu sehingga menarik bagi para serangga untuk hinggap dan menghisap keindahannya.

Struktur Bunga Kamboja

contoh struktur bunga kamboja

Bunga kamboja adalah jenis tanaman bunga yang berasal dari amerka bagian tengah dan afrika. Dikarenakan termasuk dari keluarga dari apocynacea maka bunga ini mudah untuk hidup diberbagai Negara tak terkecuali di Negara Indonesia.

Tanaman bunga kamboja mempunyai beberapa jenis dengan warna daun dan nama latin yang berbeda dari beberapa jenis tersebut. Adapun struktur bunga kamboja termasuk kedalam jenis bunga sempurna dimana ada dua pasang alat kelamin pada bagian bunga tersebut.

Struktur Bunga Matahari

struktur bunga matahari

Bunga matahari merupakan jenis bunga majemuk, yang mana jenis bunga majemuk ini memiliki rangkaian bunga yang sangat banya sekali. Merupakan tanaman bunga yang tumbuh semusim yang sering dijadikan sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak.

Bunga matahari ini mempunyai ciri khas, yaitu bunganya senantiasa menghadap matahari dengan bentuk bunga besar bermahkota beberntuk pita kuning disepanjang cawannya.

Struktur Bunga Bougenville

bunga kertas

Bunga bougenville atau lebih kita kenal dengan nama bunga kertas merupakan jenis tumbuhan bunga yang tekstur nya seperti kertas. Terdapat beragam jenis bunga kertas dengan berbagai warna yang biasanya tumbuh di daerah panas ini.

Bentuk pohon dari bunga bougenville ini termasuk kecil dengan  batang atau tangkai yang susah untuk tumbuh tegak

Struktur Bunga Melati

Bunga melati merupakan salah satu nama bunga yang terkenal di seluruh dunia, terutama di daerah tropis. Bunga ini memiliki aroma yang unik dan sebagian besar warna yang menyelimuti bunga ini berwarna putih ditambah dengan corak warna kuning.

Seperti bunga pada umumnya, bunga melati mempunyai bagian bagian atau struktur bunga sepeti, kelopak bunga, mahkota bunga, tangkai sari dan kedua alat reproduksi pada bunga yaitu putik dan benang sari.

Terima kasih, itulah tadi penjelasan lengkap tentang beragam struktur yang ada pada bunga. Semoga bermanfaat

Jangan lupa komentar dan share artikel ini bila dirasa bermanfaat dan membantu anda dalam mencari referensi tentang bunga, struktur bunga dan fungsi dari struktur bunga.

Leave a Comment